KGTK 8 IMAMI UI

Posted in: , , , by . 8 Comments

Sebelumnya gw jelasin dulu ya, apa itu KGTK. KGTK, yang kepanjangannya adalah Kampus Goes To Kampuang adalah sebuah event akbar tahunan yang diadakan oleh IMAMI UI (Ikatan Mahasiswa Minang Universitas Indonesia) yang bertujuan untuk membrerikan kontribusi kepada nagari kami tercinta, nagari Minangkabau. Sedangkan IMAMI UI sendiri adalah sebuah paguyuban daerah mahasiswa-mahasiswa Minang yang ada di Universitas Indonesia, dan merupakan paguyuban daerah terbesar yang terdapat di UI saat ini. Ketua IMAMI untuk periode 2010/2011 adalah Ibnu Budiman (Geografi 09). Kembali ke KGTK, KGTK yang diadakan tahun ini adalah KGTK yang ke-8, dengan Project Officer Yoga Tamala (2009). KGTK kali ini memiliki berbagai rangkaian acara, yaitu:

1. Lomba Proposal Project, Desain, dan Fotografi
2. Roadshow
3. Studi Islam dan Adat (SILAT) 11-13 Januari 2011
4. Simulasi SNMPTN 2011 / Try Out (16 Januari 2011)
5. Bedah Kampus UI (23 Januari 2011)
6. Minang Culture Festival (28-30 Januari 2011)

Nah berhubung gw ada di bawah Koordinator Wilayah Bukittinggi, jadi gw cuma bisa nyeritain tentang Roadshow, TO, dan Bedah Kampus. Ya, hanya 3 acara ini yang diadakan di Bukittinggi, dan gw ikuti sebagai panitia. Acara-acara yang lain juga diurus oleh anak-anak IMAMI yang lain sesuai dengan di korwil mana mereka berada. Contohnya SILAT itu diadakan di Padang Panjang, jadi kebanyakan panitia nya adalah
anggota IMAMI yang ada di Padang Panjang, begitu pula dengan MCF. Sebenarnya terbuka kesempatan bagi anggota-anggota daerah lain untuk ikut berpartisipasi sebagai panitia, tapi gw memilih untuk mengikuti kegiatan yang ada di daerah gw saja, maklum mobilisasi gw tidak terlalu lancar untuk bisa pergi setiap saat keluar kota, hehe :)



>>>>>ROADSHOW<<<<<
Roadshow yang dimaksud di sini adalah kami para anggota IMAMI UI berkeliling dari sekolah ke sekolah yang ada di daerah kami masing-masing untuk mensosialisasikan (bener gak mensosialisasikan? atau menyosialisasikan? silahkan cek KBBI) tentang pentingnya melanjutkan pendidikan setelah SMA ke Perguruan Tinggi, dan kami, yang merupakan mahasiswa UI, di sini menawarkan Universitas Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di negeri ini sebagai tempat mereka melanjutkan studinya. Contohnya gw, yang berdomisili di Bukittinggi, memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi yang ada di daerah Bukittinggi dan sekitarnya. Gw bersama anggota IMAMI korwil Bukittinggi lainnya berkeliling mulai dari SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, kemudian juga MAN 1 dan MAN 2. Perjuangan roadshow ini kami tempuh (asik bahasanya) dalam 3 hari. tanggal 11-13 Januari. Roadshow nya menyenangkan kalo menurut gw, karena ternyata masih banyak loh anak-anak kelas XII SMA yang masih belum terlalu mengerti tentang jalur masuk dan sebagainya. Jadi ya, kami ini ada untuk mereka, memberikan informasi semampu kami kepada mereka :)


>>>>>TRY OUT<<<<<
Jadi, saat kami roadshow ke sekolah-sekolah, kami juga sekalian mempromosikan Try Out yang dilakukan secara serempak pada tanggal 16 Januari 2011 se-Sumatera Barat.Untuk pembuatan soal, kami bekerja sama dengan pihak BimBel Salemba. Alhamdulillah, banyak peminat Try Out ini, meskipun acaranya bertepatan dengan acara Zoom In ITB yang diadakan oleh UKM ITB (Unit Kesenian Minangkabau Institut Teknologi Bandung) di Padang. Untuk Bukittinggi sendiri, jumlah peserta TO nya adalah 700 orang. Peningkatan yang cukup signifikan terjadi di tahun ini di Bukittinggi, jika dibandingkan dengan peserta TO pada KGTK 7, tahun kemarin. Jujur gw bilang, TO nya hectic abis. Apalagi saat registrasi awal. Bener-bener rame. Kami sampe minjem gedung SMK 2 yang ada di sebelah SMA 1 untuk dijadikan pula sebagai lokasi TO. Padahal pada tahun-tahun sebeleumnya ruangan-ruangan kelas di SMA 1 sudah lebih dari cukup untuk dijadikan sebagai tempat TO. Untuk TO ini hampir semua panitia menjadi pengawas ujian, termasuk gw. Lumayan menyenangkan, gw jadi bisa ngeliat muka-muka adek-adek kelas gw saat ngerjain soal TO, ngeliat muka-muka stress mereka (sombong) hahaha bukan itu maksud sebenernya, Ya tapi gw jadi merasa bersyukur gitu sudah diberikan Allah nikmat dan kesempatan sehingga gw bisa lulus SIMAK UI tahun kemarin, gw jadi kebayang juga gimana stressnya gw tahun kemarin, bagaimana gw begadang mulu tiap hari bahas-bahas soal, dan pastinya, bagaimana stress nya gw saat SIMAK UI. Serius, soalnya susaaaaaaaaaaah banget. Gw aja sampe ketawa-ketawa sendiri liat soal yang na'udzubillah. Tapi ya sekali lagi, gw bersyukur banget Allah mengizinkan gw untuk lulus di Ilmu Komputer :)


>>>>>BEDAH KAMPUS UI<<<<<
Nah ini dia puncak acara KGTK yang selalu dinanti-nanti tiap Tahun : Bedah Kampus UI. Alahmdulillah, Bukittinggi selalu diamanahkan sebagai tuan rumah acara ini tiap tahun. Jadi ya ga heran, emang biasanya yang paling sibuk itu panitia korwil Bukittinggi :p Mulai dari kami masih berada di Depok, kami sudah harus mempersiapkan siapa-siapa saja bintang tamu atau pembicara yang akan kami undang. Nah alhamdulillah banget, untuk Bekam tahun ini kami berhasil menampilkan 3 pembicara: Anis Baswedan (Indonesia Mengajar), Ahmad Syafiq (Career Development Centre), dan Bona Hutahean atau yang biasa dikenal Bona Idol (mahasiswa S2 Psikologi UI). Tak lupa juga, kami mendatangkan Archan Sang Provokator, seorang motivator handal yang telah berhasil pula menyihir gw tahun kemarin saat Bekam KGTK 7. Serius lho, Kak Archan ini orangnya supeer banget. Keren deh pokoknya. Alumni SMANSA Depok, SMA 8 jakarta, atau mungkin beberapa mahasiswa ITB, UI, IPB mungkin pernah merasakan bagaimana dahsyatnya jika telah dimotivasi kakak ini,
hehe. Dia emang udah terkenal gitu. Kalo pengen tau lebih lanjut search di google aja deh. Bukan hanya itu, selama liburan juga kami disibukkan dengan mempersiapkan gedung tempat acara akan berlangsung (yang akhirnya kami mendapatkan balai sidang Hatta sebagai tempat berlangsungnya acara), mengurus surat sana-sini untuk pemasangan baliho lah, mengurus surat izin ke kantor Dinas Pendidikan lah (yang bener-bener susah dan berbelit. Beneran loh, birokrasinya itu dibikin susaaah banget, oper sana, oper sini, padahal cuma buat menandatangani sebuah surat perizinan), dan pastinya mempersiapkan dekorasi. Seminggu penuh kami membuat dekorasi. Untuk bedah kampus ini, kami memilih rumah Audri (Ilmu Ekonomi 10) sebagai basecamp, sebagai tempat untuk mengerjakan semua dekorasi, rapat, pokoknya semuanya deh. Trus di Bekam ini gw diamanahkan sebagai operator oleh sang Project Officer Bekam tercinta, kak Insani Mukhlisa (Teknik Metalurgi 09) atau yang biasa dipanggil Kak Inez. Gw sih okeoke aja. Tapi sebenarnya gw agak menolak alasan kakak ini memilih gw. Katanya karna gw anak FASILKOM. Padahal mah ga ada hubungan sama sekali antatara jadi anak FASILKOM dan operator. Siapa pun gw rasa bisa jadi operator. Tapi ya karna gw baik dan tidak menolak amanah (ehm hahaha) gw terima saja tawarannya :) Dan saat hari H, wow, yang dateng banyak bangeeet, dari seluruh penjuru Sumatera Barat. Bukittinggi jadi rame banget hari itu.Overall sih acara Bekam ini sukses banget, meski terdapat kekurangan di sana sini, biasalah, itu kan sebagai bumbu yang makin mempermantap kesiapan para panitia hehe.

Well oke jadi sekian sedikit cerita tentang KGTK tahun ini yang memiliki jargon "Manyibak Kilau Nagari ka Rantau".  Kalo menurut gw sih KGTK tahun ini udah keren abis! Semoga KGTK berikutnya lebih baik lagi! :D

The permalink

8 Responses to KGTK 8 IMAMI UI

  1. wow ada SMANSA Depok nya :3 mumumumu

    ReplyDelete
  2. wahahaha Rama tau gak itu si Archan sang Provokator?

    ReplyDelete
  3. tau dong. ampe bosen sm dia haha. tapi ganteng sih jadi ga bosen2 amat :3

    ReplyDelete
  4. hahahaha..

    mantap sa..

    kak inez masuakkan ka LPJ bedah kampus..

    Mantap..!


    tapi ralat,,


    Insani Mukhlisa (Anak Metal euy... bkan anak arsitektur)


    teknik Metalurgi Material tulen,...

    hAHAH

    ReplyDelete
  5. peserta TO 7000???
    bukannya 700??

    ReplyDelete
  6. @atas: enak saje 700 -_- masa 100 sekolah lebih cuma 700 -_- kalo ga salah tepatnya 7000-an *tepat apanya* wakakak *kepo*

    @kak inez: ih jaek, punyo pi ndak babaco *nottalking*
    *padahal ndak ado haha*

    ReplyDelete
  7. Wew.. kangen bedah kampus lagi....

    ReplyDelete