Archive for 2011

Last Semester's Review, and Next Semester's Goals


Assalamu'alaikum. Hello folks!

    Udah lama nih gw ga update blog ini lagi. Selain karena ga terlalu dapet inspirasi mau nulis apa, ada beberapa hal yang membuat gw ga sempat ngurus blog ini lagi. Bahkan sempet lupa kalo gw punya blog :p

    Oke lanjut, jadi di postingan kali ini gw pengen melihat lagi ke belakang, dan sekedar mereview hal-hal apa saja yang udah gw lakukan di semester kemarin. Bukan hanya itu, gw juga pengen berbagi sedikit cerita dan pengalaman tentang hal-hal yang sempat gw alami, mungkin ada yang bisa menjadi pelajaran bagi kita semua :)

Dream, Fight, Ikhlas!

Halohalo semuanya!

Gw mau cerita-cerita ah. Tentang pengalaman gw kemaren :D

     Hari Minggu kemaren, gw awali dengan hal biasa, seperti yang biasa juga gw lakukan di hari Minggu yang lain: Nyuci, bersihin kamar, terus akhirnya nyantai-nyantai di kamar sambil main laptop. Sampai kira-kira jam 1 siang (setelah gw main ke kamar wiwid juga dan dapat bolu meranti dari Wiwid, hehe maaci ya wid :* ), akhirnya gw memutuskan untuk mandi karna udah gerah (iya, gw belum mandi dari pagi, ehm -_-). 

     Trus trus, abis mandi, masak nasi, gw kembali lagi deh melanjutkan aktivitas mulia gw tadi (baca: main laptop dan ngenet). Biasalah, buka twitter, plurk dan semacamnya hehe (Scele CS juga deh kalo ga salah). Nah trus, pas lagi baca-baca timeline twitter, gw terperanjat (asik bahasanya terperanjat) membaca salah satu tweet temen gw, @deaR_Dyta . tweet nya lebih kurang berbunyi "lagi di TMBookstore Detos, ada bedah buku dan book signing ranah 3 warna dengan A.Fuadi".

KGTK 8 IMAMI UI

Sebelumnya gw jelasin dulu ya, apa itu KGTK. KGTK, yang kepanjangannya adalah Kampus Goes To Kampuang adalah sebuah event akbar tahunan yang diadakan oleh IMAMI UI (Ikatan Mahasiswa Minang Universitas Indonesia) yang bertujuan untuk membrerikan kontribusi kepada nagari kami tercinta, nagari Minangkabau. Sedangkan IMAMI UI sendiri adalah sebuah paguyuban daerah mahasiswa-mahasiswa Minang yang ada di Universitas Indonesia, dan merupakan paguyuban daerah terbesar yang terdapat di UI saat ini. Ketua IMAMI untuk periode 2010/2011 adalah Ibnu Budiman (Geografi 09). Kembali ke KGTK, KGTK yang diadakan tahun ini adalah KGTK yang ke-8, dengan Project Officer Yoga Tamala (2009). KGTK kali ini memiliki berbagai rangkaian acara, yaitu:

1. Lomba Proposal Project, Desain, dan Fotografi
2. Roadshow
3. Studi Islam dan Adat (SILAT) 11-13 Januari 2011
4. Simulasi SNMPTN 2011 / Try Out (16 Januari 2011)
5. Bedah Kampus UI (23 Januari 2011)
6. Minang Culture Festival (28-30 Januari 2011)

Nah berhubung gw ada di bawah Koordinator Wilayah Bukittinggi, jadi gw cuma bisa nyeritain tentang Roadshow, TO, dan Bedah Kampus. Ya, hanya 3 acara ini yang diadakan di Bukittinggi, dan gw ikuti sebagai panitia. Acara-acara yang lain juga diurus oleh anak-anak IMAMI yang lain sesuai dengan di korwil mana mereka berada. Contohnya SILAT itu diadakan di Padang Panjang, jadi kebanyakan panitia nya adalah
anggota IMAMI yang ada di Padang Panjang, begitu pula dengan MCF. Sebenarnya terbuka kesempatan bagi anggota-anggota daerah lain untuk ikut berpartisipasi sebagai panitia, tapi gw memilih untuk mengikuti kegiatan yang ada di daerah gw saja, maklum mobilisasi gw tidak terlalu lancar untuk bisa pergi setiap saat keluar kota, hehe :)

Minangkabau, Ranah nan den Cinto

     Lagi asik main-main sambil ngenet ga jelas, tiba-tiba gw denger ada suara dari kejauhan. Awalnya kurang jelas, tapi setelah beberapa menit kemudian, suaranya terdengar semakin dekat dan jelas. Ternyata itu adalah suara Saluang, alat musik tradisional Minangkabau. Bukan asli suara suliang juga sih, suara ini berasal dari kaset yang sedang diputar. 

     Sumber suara ini adalah dari seorang pedagang minuman keliling di komplek gw. Minuman yang unik, aia aka, yang terbuat dari racikan daun kacang, dan katanya berkhasiat untuk menurunkan demam. Kurang ngerti juga deh hehe, mama gw yang paling ngerti begituan. Nah jadi si pedagang keliling ini emang biasanya selalu muterin kaset-kaset musik tradisonal Minangkabau, kaya musik-musik Saluang, atau Rabab. Tiap kali denger ini, gw kaya berada di zaman Minangkabau duluuuu banget. Kaya lagi berada di kampung-kampung gitu. Pokoknya kalo misalnya gw lagi nonton tv pas si pedagang ini lewat, gw pasti bakal langsung matiin tv nya dan dengerin musik ini dengan seksama, sampe si pedagang jaraknya udah jauh dari rumah gw, dan musik itu ga kedengeran lagi. 

     Tiap dengerin musik ini, rasanya adem banget loh, hehe gatau ya, mungkin karena kecintaan gw sama Ranah Minang (Tanah Minang). Yap, gw ulangi lagi, gw CINTA BANGET SAMA RANAH MINANG, tanah kelahiran gw. Bukan cuma sama "Ranah"nya sih, tapi sama semua hal yang berhubungan dengan Minangkabau.

Ikimono Gakari vakum di 2011


    Tahun 2010 bisa dikatakan merupakan tahun kesuksesan Ikimono Gakari dalam karier mereka. Maka dari itu, para anggotanya memutuskan untuk istirahat selama 2011.

    Sang vokalis Kiyoe Yoshioka mengumumkan masa rehat ini dalam acara radio Ikimono Gakari pada 9 Desember 2010 lalu, namun dia juga menyatakan akan mengusahakan masa vakum ini tidak akan sampai satu tahun. Dengan demikian performance terakhir Ikimono Gakari adalah pada 31 Desember 2010 kemaren di Kohaku Uta Gassen.

   Mengapa vakum padahal mereka sedang di puncak karir? Para fans berspekulasi mungkin dikarenakan kesuksesan album terakhir mereka, "Ikimonobakari" terjual jutaan kopi dan berada pada peringkat kedua Oricon (peringkat pertama diduduki oleh Arashi). Kemudian salah satu lagu mereka, Arigatou, menduduki peringkat ke-33 di chart Oricon untuk tahun 2010.

2010 Oricon Yearly Ranking TOP 10 : Albums
1. “Boku no Miteiru Fukei” – Arashi : (1,053,064)
2. “Ikimonobakari~members’ BEST selection~” – Ikimonogakari : (906,756) ★
3. “to LOVE” – Nishino Kana : (645,417)
4. “FUNKY MONKEY BABYS BEST” – FUNKY MONKEY BABYS : (613,603)
5. “SENSE” – Mr.Children : (597,212)
6. “PAST 7. “BEST SELECTION 2010″ – Tohoshinki : (569,530)
8. “Hajimari no Uta” – Ikimonogakari : (560,931)
9. “THE BEST BANG!!” – Fukuyama Masaharu : (544,260)
10. “5years” – Kimura Kaela : (469,028)

My Answer

SEAMO - My Answer (lyrics translation)

Even you can't do it now, don't stress, don't give up.
Just go at your own pace.

The reason why we're here is because God made us
It's all part of his test so it can't be easy
How will you solve it?
Ethics? Science?
You should be able to work it out for yourself
This is what life is all about
So why not give it a go?

We always worry about solving our own problems.
There isn't just one right answer,
So keep looking for yours

Even you can't do it now, don't stress, don't give up.
Just go at your own pace.

I ask the sky and the sea, do you wonder like me too?
I ask the wind, the sun, do you cry without anyone noticing too?
There's nothing to be afraid of, it's just another battle that we fight!
I'm already covered in scratches everywhere, but that's just the way life is.
Just keep drawing your life, there's no need to use an eraser,
You only need one goal

We always worry about solving our own problems.
There isn't just one right answer,
So keep looking for yours

Even you can't do it now, don't stress, don't give up.
Just go at your own pace.

On a blank piece of paper
I write about what the future will be like
But no one really knows the truth
That's why you need your own answer

If I were from the future, maybe I could teach the current me:
"Change your hard work into confidence
And keep trying until you reach your goal"

Even you can't do it now, don't stress, don't give up.
Just go at your own pace.





Copied from: Gendou.com

Between L and R

     Well this is embarassing actually. But I cant help but write this. For those who know japan well, you must know that it is hard for japanese people to spell L, V, and many others. Simply just because they have none of those words on their hiragana or katakana. So when they have to spell a word containing those letters, they got some troubles. For example, They spell "Raito" for "Light" (Deathnote lovers, you must know this :D). "Love" becomes "Robu". This is funny and unique, but sometimes it becomes troublesome.

     This is one of those many examples related to this problem. And unfortunately, it happens to my lovely J-Pop Band, Ikimono-Gakari. In one of their PV(s), Kimi ga Iru, they write "fork" as "folk". It really has a different meaning, right? -_- This is the snapshot from the PV:

    But this stupid thing wont change my love for Ikimono-Gakari, you know ;p I am still a die hard fan of Ikimono-Gakari. I looove Ikimono-Gakari, I do! ;)
Come to think about that song, Kimi Ga Iru, this is a nice song actually. And the PV is awesome as well (excepts that "folk" thing). This video will assure you:


And yeah, japanese people, "purisu, dont make ano misutaku again!" hehehe :p

Libuuuuur

Libur tlah tiba!
Libur tlah tiba!
Hatiku gembira!

     Yeaaaay akhirnya yang ditunggu-tunggu dateng juga: Liburan semester. Akhirnya bisa menormalkan hidup lagi (baca: ga mikirin tugas ato kuliah ato kodingan). Dan yang penting akhirnya pulang kampuuung! haha ini nih yang gw tunggu-tunggu. Udah mulai bosen di sini soalnya, dan gw beneran kangen banget nget nget sama rumah, sama Mama, Abang, Kakak, Tia. Pokoknya kangen semua! :D Dan yang pasti gw kangen temen-temen SMA gw! Liburan gini banyak yang mudik kan pastinya, jadi bisa reunian gitu deh sambil ngeshare pengalaman-pengalaman kuliah selama sesemester ini :)

     Tapi agak sedih juga sih sebenernya karena harus pisah sama keluarga gw di sini, keluarga FASILKOM UI. Apalagi sama-sama anak-anak TURBO. Bakalan kangen banget nih pasti :')

     Berhubung sekarang ini bertepatan dengan momen tahun baru, gw mau ngucapin tahun baru juga nih buat semua, semoga di tahun 2011 ini kita bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya. aamiin
Gw jadi pengen nginget-nginget momen apa aja yang sudah terjadi selama tahun 2010 kemaren. ada BANYAK. Ya, ada banyak banget momen yang pastinya sulit untuk dilupakan. Pertama, gw lulus SMA, dengan nilai UN yang cukup memuaskan. Alhamdulillah pokoknya nilai UN gw bisa jadi peringkat 5 se-Sumatera Barat, haha. Unbelievable banget!
Trus pastinya yang tak terlupakan banget itu adalah tahun ini gw lulus SIMAK UI, di Fakultas Ilmu Komputer. Gw bersyukuuuur banget. Gw juga seneng  dapet temen-temen dan keluarga baru di sini. Salah satu hal yang membuat gw bertahan di sini adalah karena mereka, keluarga Fasilkom UI yang luar biasa baik. Kayanya susah buat ngedapetin suasana kekeluargaan yang erat banget kaya gini di fakultas atau universitas lain (no offense) :)

     Salah satu keluarga kecil dari keluarga besar yang gw dapetin di fasilkom UI ini adalah keluarga kelas DDP! hehe. Ga cuman di kelas DDP sih sebenernya, soalnya kita juga sama-sama di kelas Matematika dasar, Matematika diskret, dan Fisika dasar. Kelas ini lumayan asik sih kalo menurut gw pribadi. Semua anak-anaknya pekerja keras (emang semua anak Fasilkom pekerja keras sih sebenernya). Dan hal ini menuntut gw untuk jadi pekerja keras juga, jadi lebih rajin, ga main-main kuliahnya hehe. Nah trus, karena kelas DDP kami berakhir di semester ini, di akhir pertemuan kami ngajakin Pak Stef, dosen DDP buat foto bareng. Sayang banget ga banyak yang ikut. Soalnya banyak yang ngerjain PR MatDis kalo ga salah, tapi ya gapapa deh. Yang penting foto, dan sama Pak Stef! x) Jujur gw ngefans banget soalnya sama Pak Stef. Beliau ini bener-bener dosen yang luar biasa. Yang membimbing kami semua untuk mencoba mengenal segala sesuatu tentang programming benar-benar dari awal. Jadi buat pemula yang bener-bener belum pernah menyentuh tentang coding atau apa sebelumnya, menjadi sangat-sangat terbantu berkat Bapak ini. Apalagi karena gaya beliau yang khas, yang kadang-kadang suka lucu (yang bikin gw sampe suka gemes sendiri dan pengen nyubitin ini Bapak) kalo lagi ngajar. Dan emang dari dulu Pak Stef ini terkenal karena ngajarnya yang asik. Beruntung banget deh pokoknya bisa dapet Bapak ini sebagai dosen DDP gw. Gw sangat-sangat berterima kasih sama Bapak ini, karena membuat gw yang dulunya bener-bener ga tau sama ngoding, sekarang sudah mulai mengenal dan sedikit bisa melakukanny, hehe :)
Kelas Dasar-Dasar Pemrograman A, with Pak Stef
Anyway, selamat liburan ya semuanya! Jadikanlah liburan ini liburan yang bermanfaat. Cheers! ;)