UAS Datang, Kami pun Riang!

Posted in: by . No comments

     Jeng jeng jeng.. UAS tinggal beberapa hari lagi! Bagaimana temen-temen persiapannya? Mudah-mudahan semuanya (termasuk gw) sudah siap tempur untuk 5 hari kedepan yang bersejarah ini.
Semua orang pasti takut sama yang namanya UAS (exception for Dewa). Iyalah, presentase UAS dalam penentuan IP lumayan besar. Contohnya aja, matkul gw DDP (Dasar-Dasar Pemrograman) mengambil presentase 40% untuk UAS! Gila ga tuh? Iya gila banget -_-
Jadi ya ga heran, semua orang bakal berusaha mati-matian buat bisa dapet nilai yang tinggi di UAS. Bahkan ga jarang ada orang yang melakukan cara-cara tidak halal untuk mendapatkan nilai yang memuaskan (contoh: bikin jimat! astaghfirullah). Tapi kalo di Fasilkom UI gw yakin sih ga ada ya yang pake cara ga halal kaya gitu :)

    Tapi yang gw herankan, banyak orang yang memiliki rasa takut berlebihan terhadap UAS. Bukan bermaksud sombong, gw sendiri juga takut kok sama yang namanya UAS. Tapi gw jadi berfikir, "kenapa kita ga membuat UAS menjadi sesuatu yang menyenangkan?". Iya, jangan terlalu anggap UAS sebagai neraka dunia lah (asik). Gw jadi inget salah satu bagian dari buku kesukaan gw, yang penulisnya orang Minang itu loh haha (sara detected). Yep, buku Negeri 5 Menara, yang ditulis oleh A. Fuadi. Ada salah satu bagian di buku itu yang menggambarkan suasana ujian di pesantren, yang di buku itu bernama Pondok Madani (PM). Di sana, ujian diibaratkan sebagai sebuah pesta. Pesta untuk menguji kemampuan kita, seberapa besar kita telah menguasai ilmu yang telah didapatkan selama kurang lebih satu semester. Di sana atmosfer ujian juga dibuat sangat-sangat berasa. Contohnya, dimanapun akan selalau terlihat orang membaca buku, sampai tengah malam semua orang belajar. Bahkan dibikinin tempat khusus buat belajar tengah malam. Trus suasana ujiannya dibikin menarik gitu deh.. ada spanduk selamat ujian dimana-mana, yaa semacam itu laah. Nah kan kalo gitu atmosfer ujian jadi menarik ya, ga terlalu menakutkan, walau memang yang namanya ujian pasti akan selalu mendebarkan.

     Gw jadi pengen ih dapet atmosfer kaya gitu, biar belajar terasa menajadi sesuatu yang menyenangkan. Gw lagi berusaha nih soalnya mebuat belajar sebagai hobi, sebagai sesuatu yang menyenangkan karena akan menghimpun ilmu-ilmu kita. Hmm mudah-mudahan dalam waktu dekat belajar benar-benar bisa jadi hobi gw hehe :)

     Daaaaan yang kita perlukan saat ini adalah semangat! Semangat untuk belajar, mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar ujian bisa dihadapi dengan mudah. Tak lupa juga selalu bertawakkal pada Allah agar pikiran dan hati kita selalu dibukakan untuk belajar, dan juga agar kita diberi kemudahan selama ujian ♥.

     Oiya gw jadi inget nih, tadi gw nemu hal yang sangat sangat menarik. Pas lagi ngelamun ga jelas, gw ngeliat sebuah tulisan yang cukup bermakna. Uniknya, tulisan itu gw temukan di salah satu map gw, yang udah jarang banget gw pake, sampe-sampe udah berdebu gitu haha. Tulisannya gini: 

"Promise yourself to be strong that nothing can disturb your peace of mind. Look at the sunny side of everything and make your optimism come true".  

     Gw yang lagi ngelamun, tiba-tiba langsung: "wih, oke juga nih tulisan!". Ga tau datang darimana, tiba-tiba ada sepercik semangat yang muncul dalam diri gw. Make your optimism come true!

Jadi... ayo semangat UAS semuanya! Terutama temen-temen di FASILKOM UI! Mudah-mudahan kita semua dapat yang terbaik, hehe :)

Make this quote your quote of the week: "UAS Datang, Kami pun Riang!"

~katanya semangat mau belajar, Sa? kok malah bikin postingan?
~kabur

The permalink

Leave a Reply